KAIZEN (PERBAIKAN TERUS-MENERUS)

Posted: February 18, 2012 in MANAJEMEN

Kaizen: istilah Jepang yang artinya “perbaikan terus menerus”. Definisi kaizen: perbaikan terus menerus yang melibatkan seluruh karyawan, dari manajemen level atas hingga  manajemen level bawah.

Kaizen & Manajemen

2 fungsi Kaizen management:

  • Pemeliharaan
Kegiatan pemeliharaan teknologi, sistem manajemen, dan standar operasional yang ada sekaligus menjaga standar tersebut melalui pelatihan serta disiplin dengan tujuan agar semua karyawan dapat mematuhi prosedur pengoperasian standar (Standard Operating Procedure-SOP) yang telah ditetapkan.
  • Perbaikan
aktifitas yang menuju  pada peningkatan standar yang ada.

Komitmen Kualitas

Target  akhir kaizen adalah:Kualitas, Biaya, Distribusi (Quality, Cost, Delivery — QCD),

Orientasi Proses

Kaizen berkeyakinan  bahwa penedekatan proses lebih dulu diutamakan, artinya setiap proses harus sempurna sehinggan mendapatkan hasil akhir (output) barang yang sempurna  dan baik

PDCA

 Plan-Do-Check-Action (PDCA) merupakan siklus   kaizen.:

  • Rencana (plan)
Tentukan target untuk perbaikan, rencanakan tindakan agar target tercapai
  • Lakukan (do)
Lakasanakan rencana di atas.
  • Periksa (check)
Periksa segala prosedur yang telah dijalankan guna memastikannya agar tetap berjalan sesuai rencana sekaligus memantau kemajuan yang telah ditempuh.
  • Tindak (action)
Menindaklanjuti ketiga langkah yang ditempuh serta tetapkan prosedur baru agar terhindar masalah serupa terjadi lagi  atau tetapkan target baru untuk perbaikan yang lebih sempurna

Berbicara dengan Data

Pemecahan masalah dapat diselesaikan jika ada cukup data. Kumpulkan data serta amati data tersebut. Tanpa  data yang terintegrasi dan relevan, solusi tak akan pernah tersesaikan

Proses selanjutnta adalah Konsumen

Ada dua macam konsumen dalam kaizen

  • Konsumen internal:Konsumen yang berada di perusahaan Yang dianggap sebagai konsumen internal adalah proses, sehingga proses harus diperhatikan dan diperlakukan layaknya konsumen secara nyata.
  • Konsumen eksternal:perusahaan atau perorangan dimana tempat kita menjual barang dan jasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s