obat ginjal

Posted: May 16, 2012 in Obat herbal

Asparagus telah dijadikan sebagai bahan makanan sejak dulu. Selain rasanya yang renyah, sayuran ini juga dikenal dengan sifat diuretik. Sayuran berbatang hijau ini merupakan bahan pangan yang kaya asam folat nabati, rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol. Tumbuhan ini merupakan sumber rutin, yaitu senyawa yang dapat memperkuat dinding kapiler.

Banyak manfaat yang dapat diambil dari tanaman ini, terutama dalam bidang kesehatan. Mulai dari radang sendi, hingga memperbaiki kenerja ginjal, hati dan usus karena memiliki sifat diuretik. Efek diuretik ini akan membuat saluran urin menjadi lebih lancar. Hanya saja, setelah mengkonsumsi urin akan mengeluarkan bau yang tajam.

Menurut penelitian yang dilakukan pada sejumlah relawan, 40-50% di antara obyek penelitian memiliki bau khas pada urin, sesaat setelah konsumsi asparagus. Tetapi para ahli menjelaskan, ini juga dipengaruhi oleh gen tiap orang.

Asparagus juga kaya akan vitamin C dan E serta kaya serat. Tapi manfaat ini bergantung bagaimana kita mengolahnya. Asparagus sebaiknya tidak dimasak terlalu lama, karena kandungan nutrisinya akan berkurang. Waktu yang baik untuk mengolah asparagus adalah sekitar 3-4 menit.

sumber: VIVAnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s