paprika antioksidan berlimpah

Posted: May 16, 2012 in Obat herbal

Paprika adalah keluarga cabai yang populer dalam dunia masakan. Ia bisa diolah menjadi salad, ditumis, atau dipanggang. Ada beragam warna paprika, namun semuanya memiliki kandungan antioksidan yang sama tingginya.

Selain kaya akan vitamin C, paprika juga sarat akan berbagai nutrien, seperti tiamin, vitamin B6, betakaroten, serta asam folat. Ia juga mengandung fitokimia yang memiliki aktivitas antioksidan seperti asam klorogenik, capcaisin, zeaxanthin, serta asam coumeric.

Kendati sama-sama mengandung nutrien, tetapi menurut penelitian yang dikutip dari situs everynutrient, paprika berwarna merah mengandung nutrien lebih tinggi dibandingkan saudaranya yang berwarna hijau. Paprika merah juga mengadung likopen, zat aktif yang terbukti mencegah kanker dan penyakit jantung.

Mungkin karena kandungan vitamin C dan beta karoten yang tinggi, paprika diketahui memiliki efek perlindungan terhadap katarak. Buah yang berasa renyah dan agak pedas ini juga terbukti mencegah pembekuan darah sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Hasil penelitian juga menunjukkan paprika bisa melindungi tubuh dari radang sendi atau artritis. Dalam riset yang dimuat dalam Annals of the Rheumatic Disease menyebutkan orang yang kurang mengasup makanan mengandung vitamin C beresiko tiga kali lipat terkena artritis dibanding mereka yang cukup mengasup makanan tinggi vitamin C.

sumber: kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s